Nasional

Jerinx Ditahan Lagi, Pakar Singgung Rendahnya Literasi Digital di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Musisi I Gede Ari Astina alias Jerinx telah ditahan atas kasus dugaan pengancaman melalui media elektronik terhadap pegiat sosial Adam Deni. Ia ditahan selama 20 hari ke depan di Rumah Tahanan (Rutan) Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, Jakarta.

Pakar keamanan siber, Pratama Persadha menyesalkan kejadian tersebut. Dia diketahui melanggar Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan dijerat pasal 29. Jerinx sebelumnya pernah terjerat Undang Undang ITE terkait penghinaan terhadap organisasi profesi dokter.

“Peristiwa tersebut sangat disayangkan dan seharusnya tidak terjadi di ranah wilayah internet Tanah Air,” kata Pratama melalui gawai, Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Berita Terkait

Ia kemudian menyinggung soal literasi digital di Indonesia jelas masih sangat rendah, karena secara formal kurikulum siber belum masuk dalam dunia pendidikan.

“Misalnya, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di internet. Lalu bagaimana mendorong peserta didik menjadi individu produktif di wilayah siber, ini tidak ada sama sekali,” tutur Pratama.

Sehingga masyarakat, dari kalangan kawula muda hingga orang dewasa semuanya belajar sendiri dalam memasuki wilayah siber. Tak jarang pengaruh media sosial terkadang berdampak negatif.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button