Nasional

Sebelum Deadline Migrasi TV Analog ke Digital, Revisi UU Penyiaran Harus Kelar

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno mengatakan revisi Undang-Undang (UU) Penyiaran harus dapat dirampungkan pembahasannya sebelum masa Analog Switch Off (ASO) atau migrasi televisi analog ke televisi digital mencapai tenggat waktunya pada 2 November 2022.

“Undang-Undang Penyiaran ini sebenarnya harus segera disiapkan, namun belum dibahas kembali karena kita belum masuk Prolegnas (program legislasi nasional) dan pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi belum selesai. Tentu pada 2021 kami harap bisa menyelesaikan (revisi) UU Penyiaran,” tutur Dave saat ditemui di Jakarta Pusat, Sabtu (27/11/2021).

Menurut Dave revisi UU Penyiaran perlu dilakukan dan dirampungkan di 2022 agar berjalannya Analog Switch Off (ASO) yang disepakati sejak 2019 bisa tetap mengikuti koridor aturan terbaru.

Dengan pembaruan UU Penyiaran, siaran TV digital dapat semakin teratur dan mengikuti kemajuan nilai dan juga standar yang sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia.

Tidak hanya siaran TV digital, nantinya UU Penyiaran yang direvisi akan mencakup dan menata operasional media-media digital yang berkembang di masa saat ini seperti layanan Over-The-Top (OTT) yang semakin marak di Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button