Nasional

Swadaya dan Swasta, Kementan Perkuat Peran Penyuluh di Perkebunan Sawit

INDOPOSCO.ID – Peran penyuluh pertanian akan terus diperkuat oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk mendukung pengembangan sektor pertanian, termasuk penyuluh swadaya dan swasta berbasis kelembagaan ekonomi petani di kawasan perkebunan kelapa sawit.

Penguatan peran penyuluh mengemuka pada Lokakarya dan Rapat Kerja Nasional Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) di Jakarta, Rabu (24/11/2021) yang digelar secara online dari Agriculture War Room (AWR) yang diikuti sekitar 400 partisipan dari seluruh RI.

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan peran penyuluh tidak bisa dianggap enteng lantaran perannya sangat vital mendampingi petani, untuk meningkatkan produktivitas dengan pengembangan produksi pertanian dari hulu hingga hilir.

“Penyuluh adalah garda terdepan dalam pertanian, karena itu, penguatan harus terus dilakukan sekaligus memastikan produksi pertanian tidak berhenti,” katanya.

Lokakarya & Rakernas Perhiptani 2021 mengangkat tema ‘Sinergitas Perhiptani dengan Kementan dan Pemerintah Daerah dalam Penumbuhan dan Pengembangan Penyuluh Pertanian Swadaya dan Penyuluh Pertanian Swasta Berbasis Kelembagaan Ekonomi Petani di Kawasan Perkebunan Kelapa Sawit’.

Dedi Nursyamsi selaku Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) yang menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut, mengingatkan tentang strategi program aksi pengembangan SDM pertanian adalah regenerasi SDM berkelanjutan, penguatan profesionalisme dan kompetensi penyuluh baik ASN, swadaya maupun swasta.

Baca Juga: Mentan SYL Pimpin Patroli Laut Awasi Pangan Berbahaya

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button