Nasional

KemenPUPR: Sarhunta Mandalika Siap Dukung WSBK dan MotoGP

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mensukseskan ajang World Superbike (WSBK) atau Kejuaraan Dunia Superbike yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB. Selain membangun jalan utama menuju sirkuit serta menata lingkungan, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan pembangunan sebanyak 398 Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) di sekitar kawasan sirkuit internasional tersebut yang dapat menjadi alternatif akomodasi para wisatawan yang datang bekunjung guna menikmati ajang motor balap tersebut.

“Kami (Kementerian PUPR-red) siap untuk mensukseskan ajang WSBK dan MotoGP. Kami telah membangun jalan, menata lingkungan serta penyediaan saluran air bersih serta menyelesaikan pembangunan 398 Sarhunta,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid saat Rapat Persiapan Event WSBK di Kantor ITDC Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Sabtu (20/11/2021).

Menurut Khalawi, Sarhunta bisa menjadi alternatif atau pilihan akomodasi bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ingin menyaksikan ajang motor balap tersebut. Apalagi okupansi hotel di NTB tentunya akan sangat penuh mengingat banyak penggemar WSBK dan MotoGP yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga : Dukung Pengembangan Pariwisata di Bunaken, Ratusan Homestay Dibangun Kementerian PUPR

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid didampingi Kasubdit Wilayah II Direktorat Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Chandra R.P. Situmorang dan Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Nusa Tenggara I Direktorat Jenderal Perumahan, Rini Dyah Mawarty menerangkan, pembangunan Sarhunta merupakan arahan langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo serta dilaksanakan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Pembangunan Sarhunta dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR untuk merubah wajah perumahan masyarakat khususnya rumah tidak layak huni (RTLH) serta fasad rumah-rumah di sepanjang jalan koridor agar lebih tertata dan layak huni sekaligus mendorong masyarakat memiliki usaha untuk mendukung pariwisata di Mandalika.

“Kami membangun Sarhunta untuk mendukung sektor pariwisata dan mendukung ajang WSBK dan MotoGP Total rumah yang kami bedah melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di KSPN Mandalika 915 unit terdiri dari 398 homestay dan 517 peningkatan kualitas rumah swadaya,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button