Nasional

Rusun Santri Ponpes An Nawawi Tanara di Banten Siap Huni

INDOPOSCO.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan dua rumah susun (Rusun) untuk para santri di

Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Banten siap dihuni oleh para santri putra dan santriwati yang menuntut ilmu agama di Ponpes tersebut.

Adanya Rusun tersebut diharapkan dapat memacu semangat belajar para santri sekaligus mendorong mereka agar menempati hunian yang layak huni.

“Hari ini saya menandatangani prasasti pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan Kementerian PUPR dengan kontraktor dan konsultan pengawasnya. Pembangunan infrastruktur yang ditandatangani adalah Rusun Ponpes An Nawawi Tanara 1 dan 2 di Kabupaten Serang, Banten serta sejumlah infrastruktur lainnya seperti jalan tol, bendungan dan gedung olah raga,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menandatangani prasasti di Rumah Susun ASN Kementerian PUPR Banten, Selasa (16/11/2021).

Menteri PUPR menjelaskan, adanya prasasti tersebut dapat diartikan bahwa Kementerian PUPR beserta penyedian jasa yakni kontraktor dan konsultan pengawas bertanggungjawab atas hasil pembangunan tersebut. Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui siapa saja yang terkait dalam proses pembangunan tersebut.

Prasasti dari batu granit tersebut berisi tulisan tentang siapa saja yang terkait pembangunan infrastruktur tersebut yakni Kementerian PUPR dengan pihak penyedia jasa. Selain itu juga ditulis kapan waktu pelaksanaan pembangunan tersebut.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa I Direktorat Jenderal Perumahan, Firsta Ismet didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, Haryo Wacono menjelaskan, Rusun yang diresmikan sebanyak dua tower dan diperuntukkan bagi para santri di Ponpes An Nawawi Tanara 1 di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Rusun tersebut dibangun di Desa Tanara, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang yang dibangun tahun 2019.

Penerima manfaat adalah Santri putra Ponpes An Nawawi Tanara. Pembangunan Rusun dibangun satu tower dengan tipe barak sebanyak 12 unit.

Selanjutnya adalah Rusun Ponpes An Nawawi Tanara 2 dengan penerima manfaat untuk santri putri yang dibangun tahun 2020 hingga 2021. Rusun santri putri ini dibangun satu tower setinggi tiga lantai tipe barak mini dengan jumlah unit 6 barak dengan kapasitas 132 orang.

“Kami harap para santri dan santriwati di Ponpes An Nawawi Tanara bisa lebih semangat dalam belajar sehingga bisa menjadi generasi penerus bangsa Indonesia di masa depan. Seluruh unit hunian di Rusun juga telah kami lengkapi dengan meubelair seperti tempat tidur, lemari pakaian dan meja kursi belajar,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Menteri PUPR didampingi Staf Ahli Menteri Bidang

Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S Atmawidjaja serta Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa I Direktorat Jenderal Perumahan, Firsta Ismet dan Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, Haryo Wacono juga melaksanakan kunjungan kerja ke Rusun ASN Kementerian PUPR Provinsi Banten guna mengecek sejumlah ruangan unit hunian Rusun ASN Kementerian PUPR.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button