Nasional

Polri Buka Peluang Polwan Raih Posisi Strategis

INDOPOSCO.ID – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan Polri terus membenahi sistem perekrutan yang nantinya akan memberikan peluang lebih besar bagi wanita untuk menjadi anggota kepolisian, termasuk berpeluang untuk menempati jabatan strategis.

Menurut Dedi, peluang ini sejalan dengan kebijakan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang akan terus memperjuangkan kesetaraan gender dan karier polwan di Korps Bhayangkara.

“Akan terbuka peluang bagi polwan untuk dapat menduduki jabatan yang tinggi,” kata Dedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Dedi menjelaskan, Polri sudah memiliki peta jalan dalam perekrutan anggota dengan meningkatkan peluang wanita menjadi anggota kepolisian.

Baca Juga : Ciptakan Tertib Lalu Lintas, Polda Jatim Luncurkan 12 Unit Mobil INCAR dan Aplikasi SKRIP

Menurut dia, polwan pun memiliki kesempatan untuk berkarir sama besarnya dengan polisi laki-laki (polki) di Korps Bhayangkara.

Selama ini, ujar Dedi, sistem pembinaan karier (binkar) bagi polwan di Polri sudah berjalan. Sejumlah posisi penting di organisasi pun dijabat oleh wanita.

“Sistem binkar untuk polwan juga sudah mendapat porsi yang sama dengan polki. Ada yang menjabat kapolsek, kasat, kabag, kapolres, dan wakapolda,” katanya pula.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat membuka Konferensi ke-58 Polwan Sedunia (IAWP) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (7/11), menyatakan Polri telah memberikan ruang kepada para polwan untuk mendapatkan hak kesetaraan gender.

Baca Juga : Kapolri Besuk Tiga Anggota Brimob yang Terluka Tertembak saat Jalankan Tugas

Pemberian ruang tersebut, dikatakan Sigit, lantaran sosok polwan memiliki peran dan kontribusi yang luar biasa bagi organisasi Polri khususnya dalam mendukung reformasi kultural menjadi polisi yang lebih humanis dan dekat dengan masyarakat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button