Nasional

Ijtima Ulama Berikan Solusi bagi Anak Bangsa

INDOPOSCO.ID – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Miftachul Akhyar mengatakan Itjima Ulama Komisi Fatwa merupakan majelisnya para pemuka agama Islam yang mempunyai tugas memberikan solusi bagi anak bangsa dalam segala tatanan dan aspek kehidupan.

“Maka hampir seluruh hidup para ulama adalah berupaya memberikan solusi disamping kemudahan-kemudahan Islam disyariatkan agama yang mudah, agama yang penuh cinta kasih,” ujar Miftachul dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (9/11).

Ijtima Ulama Komisi Fatwa ke-7 ini diselenggarakan pada 9 hingga 11 November 2021 di Hotel Sultan, Jakarta. Kali ini majelis para ulama se-Indonesia itu mengangkat judul”Optimalisasi Fatwa untuk Kemaslahatan Bangsa”.

Menurut ia, di dunia ini tidak ada yang tidak berkaitan dengan syariah. Keberadaan ulama dalam berbagai sektor kehidupan berkeyakinan adalah memberikan solusi dan keringanan.

Ia menegaskan bahwa tugas yang diemban ulama sangatlah mulia, sekaligus membahayakan. Sebab, keselamatan dunia akhirat pemeluk ada di tangan para ulama.

“Kalaulah betul apa yang mereka lakukan tentu imbalan yang setimpal. Tapi sebaliknya kalau ada tujuan-tujuan di balik itu sangat mengkhawatirkan. Makom fatwa yang nantinya banyak hal-hal yang dibahas, ini hampir sejajar dengan ijtihad, hanya ada perbedaan-perbedaan antara umum dan khusus,” kata dia, dikutip dari Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button