Nasional

Gelar Pahlawan Usmar Ismail Diharapkan Pacu Semangat Sineas Berkarya

INDOPOSCO.ID – Dinobatkannya Usmar Ismail sebagai pahlawan nasional diharapkan bisa memacu semangat sineas Indonesia untuk terus berkarya.

“Pada 66 tahun yang lalu, Usmar Ismail dan Djamaluddin Malik, mempelopori Festival Film Indonesia, sebagai apresiasi tertinggi perfilman di Indonesia. Tahun ini, sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk para pejuang kebudayaan, atas nama bangsa dan negara, saya menganugerahkan pahlawan nasional kepada Usmar Ismail,” ucap Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di FFI 2021 di Jakarta, Rabu (10/11).

“(Semangat) Ini harus kita jaga dengan menciptakan karya-karya yang berkualitas, mengunggulkan kekayaan budaya yang tak tertandingi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Presiden juga mengapresiasi empat film Indonesia yang berhasil menyabet penghargaan di sejumlah festival film internasional.

Keempat film itu adalah film pendek “Dear to Me” karya Monica Vanesa Tedja yang menemukan penghargaan pertamanya dalam ajang First Step Awards 2021 sebagai Best Short and Animated Film dan premier film dilakukan secara internasional di Festival Film Internasional Locarno dalam seksi Open Doors Screenings pada bulan Agustus 2021.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button