Nasional

Mentan Minta Pengembangan Hilirisasi Nanas Jambi Berorientasi Ekspor

INDOPOSCO.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta desa sentral produksi nanas melakukan pengembangan di hulu hingga hilir. Diharapkan ke depan nenas harus diolah menjadi produk siap di jual dan berorientasi ekspor.

“Saya senang disini tapi tentu ini masih perlu kita olah lagi. Saya tahu kalo nanas itu sangat dibutuhkan banget diluar negeri sehingga ini perlu konsentrasi-konsentrasi sedikit sehingga nanas bisa naik kelas. Jadi hilirisasinya harus jalan ini,” ungkap Mentan saat melakukan kunjungan di perkebunan nanas di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu (6/11/21).

Mentan juga mengharapkan industri pengolahan nanas bisa segera dikembangkan dilokasi tersebut guna memproduksi olahan nanas yang siap ekspor. Untuk itu Mentan meminta supaya lahan dilakukan perluasan lahan untuk pengembangan nanas.

Baca Juga : Mentan Ingatkan Pentingnya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim

“Kalo bisa lahannya diatas 5.000 hektar kita bisa mengarah ke skala industrinya untuk pengalengannya karena kalo tidak supply nya bisa gak ada. Saya sangat tertarik banget dengan ini. Ada gak mesin mesin kecil untuk pengalengan ini. Karena ini kalo enggak dikaleng gak bisa diekspor,” ujar Mentan.

Selain itu, Mentan mendorong petani desa tangkit baru juga menanam komoditi pertanian lainnya yang bisa di tumpang sari dengan tanaman nanas atau ditanam dipinggiran kebun seperti jagung, pinang guna menambah pendapatan petani dan meningkatkan ketahanan pangan mandiri.

“Saya kira disini juga jangan hanya nanas saja dipinggir-pinggir itu harus ada komoditi lain. Saya sepakat melihat pinang bisa dikembangkan juga atau yang lainnya,” kata Syahrul.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button