Nasional

Melalui Program Penguatan Integritas Pegawai, Bea Cukai Serukan “Integritas adalah Identitas”

INDOPOSCO.ID – Demi memelihara dan mewujudkan integritas seluruh jajaran Bea Cukai, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai mencanangkan program penguatan integritas pegawai yang dilaksanakan melalui beragam kegiatan. Hal ini juga merupakan tindak lanjut Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE-5/BC/2021 tentang Program Penguatan Integritas Pegawai di Lingkungan Bea Cukai.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, pada Rabu (3/11) mengatakan program penguatan integritas adalah program penertiban dan penegakan kepatuhan integritas pegawai Bea Cukai yang bersifat konkret dan berkelanjutan, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan citra organisasi melalui penguatan integritas dan sikap dasar pegawai, baik di dalam kegiatan kedinasan maupun di luar kedinasan.

Baca Juga : Lewat Asistensi, Bea Cukai Gali Potensi Ekspor di Daerah

“Program penguatan integritas dicanangkan di seluruh Kantor Bea Cukai, bukan berarti Bea Cukai belum memiliki landasan utama integritas, melainkan integritas yang sudah terdapat di institusi ini, kami pelihara dan kuatkan,” katanya.

Dalam melaksanakan program ini, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah, seperti Bea Cukai Merauke, Bea Cukai Tual, dan Bea Cukai Gresik, telah menyusun rencana aksi yang terdiri dari beberapa program, seperti pemetaan dan pemantauan titik rawan integritas, pencegahan dan penindakan pelanggaran integritas, kampanye anti gratifikasi/korupsi, transparasi pelayanan dan komunikasi publik, semangat implementasi sikap dasar, komitmen dan kepemimpinan, serta pengawasan integritas antar pegawai. “Di Merauke dan Gresik, dalam rangka melaksanakan program pengawasan integritas antar pegawai, Bea Cukai melaksanakan kegiatan internalisasi kode etik dan kode perilaku pegawai yang diikuti oleh para pejabat dan pegawai,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button