Nasional

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Tokoh Pers

INDOPOSCO.ID – Museum Sumpah Pemuda, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar pameran tokoh pers di balik Sumpah Pemuda dengan tema “Lawan!”

“Pameran ini menghadirkan betapa pentingnya tokoh pers di balik perjuangan bangsa Indonesia untuk kemerdekaan. Sumpah Pemuda kita tahu cikal bakal untuk kemerdekaan kita. Jadi saya senang sekali dengan adanya pameran ini,” ujar Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ditjen Kebudayaan, Kemendikbudristek Ahmad Mahendra seperti dikutip Antara, Jumat (22/10/2021).

Mahendra mengatakan bahwa fondasi kebangsaan Indonesia dibangun oleh tradisi pers para pemuda di awal abad 20. Pers saat itu, tutur ia, adalah alat perlawanan terhadap penjajahan, sekaligus memadukan kolektivitas Tanah Air dalam pemahaman berbangsa.

Berita Terkait

Ia mengatakan bahwa para pemuda di era pergerakan nasional sebagian besar adalah wartawan, seperti Tjipto Mangunkusumo, Soekarno, Siti Sundari, dan W.R.Supratman, dan serupanya.

Mereka, cakap Mahendra, bergerak bersama melawan kolonialis, melaporkan antusias persatuan Indonesia, dan juga menyadarkan masyarakat bahwa Indonesia pantas untuk diperjuangkan dan dimerdekakan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button