Nasional

Turun ke Laut, Presiden Joko Widodo Tanam Mangrove Bersama Masyarakat di Batam

INDOPOSCO.ID – Setelah melakukan penanaman mangrove di Bengkalis, Riau (28/9/2021), Presiden Joko Widodo pada hari yang sama melanjutkan kunjungan kerjanya ke Batam, Kepulauan Riau.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya turut mendampingi Presiden Joko Widodo di dua lokasi tersebut.

Bertempat di Pantai Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya di Kampung Sungai Besar Kawasan Hutan Lindung Tanjung Sinembah KPHL Unit II Batam, Presiden Joko Widodo kembali melakukan penanaman mangrove bersama masyarakat sekitar.

Lokasi tersebut merupakan salah satu lokasi kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya Penanaman Mangrove (PKPM) di Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021.

Saat penanaman, lokasi Pantai Setokok sedang hujan gerimis. Namun, Presiden Joko Widodo tidak ragu untuk turun dan menceburkan diri di laut, untuk melakukan penanaman bersama masyarakat.

Presiden Joko Widodo pada kesempatan ini menyampaikan bahwa, Indonesia memiliki kawasan hutan mangrove dengan luas 3,36 juta hektar atau kurang lebih 20 persen dari total hutan mangrove yang ada di dunia.

“Artinya, kita memiliki sebuah kekuatan dalam potensi hutan mangrove. Tetapi, yang paling penting adalah bagaimana memelihara, bagaimana merawat, bagaimana merehabilitasi yang rusak, sehingga betul-betul hutan mangrove kita ini semuanya terjaga,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa dengan menjaga hutan mangrove ini, selain memperbaiki ekosistem di pesisir pantai, juga dapat mengurangi abrasi dari air laut.

Selain itu, yang paling penting adalah habitat di sekitar mangrove juga terjaga dengan baik. Menurutnya, hutan mangrove sangat mengurangi emisi karbon yang ada, apabila dibandingkan dengan hutan-hutan tropis di darat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button