Nasional

Awas, Gelombang Besar Akan Terjadi di Beberapa Wilayah Indonesia

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini mengenai potensi timbulnya gelombang besar di beberapa area pada 10 sampai 11 September 2021 akibat pengaruh siklon tropis di Laut Filipina.

“Terdapat Siklon Tropis Conson (994 hPa) dan Siklon Tropis Chancu (940 hPa) di Laut Filipina yang berdampak secara tidak langsung pada ketinggian gelombang di Laut Natuna utara dan Samudera Pasifik Utara Papua,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo seperti dilansir Antara, Jumat (10/9/2021).

Eko menarangkan, pola angin di area Indonesia bagian utara dominan beranjak dari tenggara-barat daya dan sebaliknya di area Indonesia bagian selatan dominan beranjak dari timur-tenggara dengan kecepatan 5 hingga 30 knot. Kecepatan angin paling tinggi terpantau di Laut China Selatan, Laut Banda, Laut Arafuru, dan perairan utara Jayapura.

Situasi yang demikian diprakirakan dapat mengakibatkan gelombang setinggi 1,25 hingga 2,50 m di Selat Malaka bagian tengah, perairan timur Simeulue- Kepulauan Mentawai, Selat Sumba bagian timur, Selat Ombai, Laut Natuna utara, perairan Kepulauan Anambas- Kepulauan Natuna, Laut Natuna, Selat Karimata bagian utara, dan Laut Jawa bagian tengah-timur.

Gelombang setinggi 1,25 hingga 2,50 m juga berpotensi terjadi di area perairan selatan Kalimantan, perairan Kepulauan Kangean, perairan Kotabaru, Selat Makassar bagian selatan, Laut Sumbawa, perairan Kepulauan Selayar, perairan selatan Baubau, perairan Menui- Kendari, Teluk Tolo, perairan selatan Kepulauan Banggai-Sula, perairan Sorong bagian selatan, perairan Fakfak- Amamapare, perairan utara Papua Barat-Papua, dan Samudra Pasifik utara Papua Barat-Papua.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button