Nasional

LPDB-KUMKM Kembali Gelar Vaksinasi Masal

INDOPOSCO.ID – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi masal di Kantor LPDB-KUMKM, Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membantu percepatan pemulihan negeri baik dari sektor kesehatan maupun sektor ekonomi.

Sebab, saat ini kunci keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 adalah dengan percepatan program vaksinasi kepada masyarakat guna menciptakan imunitas kekebalan kelompok atau herd immunity, dan juga protokol kesehatan yang dilaksanakan dengan ketat dan berkesinambungan.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, selaku Satuan Kerja (satker) Kementerian Koperasi dan UKM, kehadiran LPDB-KUMKM sangat dibutuhkan bagi insan koperasi dan pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Akses permodalan atau pembiayaan menjadi hal yang sangat krusial bagi koperasi maupun UMKM dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 belum usai, tetapi kami harus terus hadir melayani koperasi di seluruh Indonesia, memberikan layanan akses permodalan atau pembiayaan, dan juga tentunya pendampingan. Dengan itulah kami berkolaborasi dengan para mitra untuk melakukan vaksinasi massal di berbagai daerah,” ujar Supomo di Jakarta, Rabu (1/10/2021).

Adapun, kolaborasi yang telah dilakukan oleh LPDB-KUMKM bersama dengan mitra koperasi, pemerintah daerah, TNI, dan Polri sudah terlaksana di beberapa daerah, dan mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat.

“Kami sudah lakukan vaksinasi massal bersama KPBS Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dengan Koperasi Makmur Mandiri di Purbalingga, Jawa Tengah, kemudian dengan BMT Beringharjo di Kulon Progo, D.I Yogyakarta,” tambahnya.

Selain itu, kolaborasi vaksinasi massal selanjutnya akan dilaksanakan bersama dengan BMT Itqan di wilayah Garut, Jawa Barat, pada 11 September 2021 mendatang.

Sedangkan untuk, vaksinasi 1 September 2021 hari ini merupakan vaksinasi tahap dua dengan jumlah peserta sebanyak 220 peserta dengan jenis vaksin Sinovac.

Jumlah peserta vaksinasi tersebut terdiri dari pegawai Kementerian Koperasi dan UKM, keluarga besar LPDB-KUMKM, serta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Kegiatan vaksinasi ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, dan Puskesmas Kecamatan Pancoran.

Adapun jumlah tenaga kesehatan yang terlibat berjumlah 15 orang dari klinik LPDB-KUMKM, Rumah Sakit (RS) Ciputra, RS Pusat Pertamina, Labkesda Kota Sungai Penuh, Klinik Fakhira, dan Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

“Semakin banyak masyarakat yang divaksin, maka herd immunity cepat tercapai, dampaknya dunia usaha kembali bangkit, daya beli masyarakat meningkat, koperasi dan UMKM juga bertumbuh, dengan itu tentu ekonomi kita pulih kembali,” papar Supomo.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button