Nasional

Pakar: Konflik Afghanistan Jangan Sampai Rusak Persatuan di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Pakar Hukum Internasional dari Universitas Indonesia (UI) Prof Hikmahanto Juwana mengingatkan seluruh masyarakat jangan sampai konflik yang terjadi di Afghanistan merusak persatuan serta kesatuan di Tanah Air.

“Apakah kita akan merusak persatuan di Indonesia terhadap situasi yang terjadi di Indonesia? Saya rasa hal itu tidak perlu terjadi,” tutur Prof Hikmahanto Juwana saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (21/8).

dia menegaskan serta mengantisipasi jangan sampai masyarakat di Tanah Air ikut dan menggalang simpatisan atas konflik yang terjadi antara Pemerintah Afghanistan dengan kelompok Taliban karena hal itu dapat merugikan diri sendiri.

Lagi pula, ujar dia, apabila ada galangan dukungan dari warga di Tanah Air untuk kelompok yang bertikai, tidak akan berdampak langsung di Afghanistan.

Tidak hanya itu, belum tentu semua pihak mengetahui dengan benar apa yang sebenarnya terjadi di Afghanistan. Apabila melihat dari pemberitaan yang ada, kelompok Taliban memang menguasai.

Di saat bersamaan ada penduduk yang melarikan diri ke bandara serta perbatasan-perbatasan hanya untuk keluar dari negara itu. Tidak hanya itu, ada juga kelompok anti-Taliban yang menunjukkan perlawanan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button