Nasional

Kemen PPPA Kritik Penertiban PPKM Pakai Kekerasan

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) meminta penegakan PPKM darurat tidak melibatkan tindakan kekerasan, seperti yang terjadi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan akhir-akhir ini.

“Kita ikut prihatin atas peristiwa yang menimpa suatu keluarga di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang viral di media sosial. Kita semua sepakat jika aturan harus ditegakkan sebagaimana mestinya, namun jangan ada kekerasan dalam pelaksanaannya,” ujar Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kemen PPPA Ratna Susianawati dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (16/7).

Ratna menjelaskan dalam masa pandemi dimana seluruh susunan masyarakat ada pada kondisi berjuang menjaga dirinya sendiri dan keluarga masing-masing dan berupaya menjaga kondisi ekonomi, akan lebih bagus apabila masing-masing menggunakan pendekatan empati.

Kemen PPPA juga mengajak masyarakat serta aparat pemerintah untuk bersama-sama menghasilkan kondisi masyarakat yang anti kekerasan.

“Selama ini kita terus berjuang untuk tidak melanjutkan kebiasaan kekerasan di semua lingkup masyarakat sampai lingkup terkecil yakni keluarga. Dalam kelompok masyarakat, wanita dan anak merupakan kelompok rentan sehingga kita semua harus melindungi serta menghindarkan mereka menjadi korban kekerasan,’’ ujar Ratna.

Ratna menambahkan pihaknya memahami tugas berat tim gabungan dikala melaksanakan operasi penegakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di wilayah masing-masing apalagi masih banyak masyarakat yang melanggar, namun pihaknya memohon agar dalam melaksanakan tugas tetap mengedepankan dialog dan edukasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button