Nasional

Tersandung Berita Hoaks, Kogabwilhan III Laporkan suarapapua.com ke Dewan Pers

INDOPOSCO.ID – Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III keberatan dan akan melaporkan berita hoaks yang dimuat suarapapua.com ke Dewan Pers.

Pernyataan tersebut diungkapkan Perwira Penerangan (Papen) Kogabwilhan III Letkol Laut Deni Wahidin dalam keterangan, Kamis (20/5/2021).

Menurut Deni, artikel tersebut merupakan fitnah keji dan tuduhan yang sangat serius.

“Kami sangat keberatan dengan artikel yang dimuat suarapapua.com. Dalam waktu dekat, kami akan mengadukan ke Dewan Pers,” katanya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun menilai pencabutan berita tersebut merupakan langkah yang salah.

“Jadi, pencabutan berita, kalau tidak terkait SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) kesusilaan dan masa depan anak, harus berdasarkan putusan Dewan Pers. Tidak bisa asal cabut. Yang boleh adalah ralat atau perbaikan karena beritanya salah,” ujarnya.

Dalam kasus tersebut, menurut Hendry, informasi yang tidak dikonfirmasi dan dijadikan berita tidak bisa dicabut atau dihapus begitu saja. Sebaiknya berita itu cukup diralat dan harus ditautkan dengan berita sebelumnya agar pembaca tahu bahwa berita pertama sebuah kesalahan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button