Nasional

Menhub: Kepala Daerah Aglomerasi Harus Petakan Potensi Penumpukan Penumpang

INDOPOSCO.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta para kepala daerah di wilayah aglomerasi memetakan daerahnya, yang berpotensi terjadi penumpukan penumpang kendaraan umum untuk menghindari terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

“Melihat pelajaran yang terjadi di Pelabuhan Kali Adem dan Stasiun Manggarai yang terjadi penumpukan penumpang, saya minta kepada kepala daerah aglomerasi harus memetakan potensi penumpukan penumpang terjadi,” katanya dilansir dari Antara di Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Hal itu dikatakan Menhub Budi Karya setelah meninjau Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, dan Stasiun Manggarai yang ternyata terdapat penumpukan penumpang sehingga tidak mengindahkan protokol kesehatan (prokes).

Menhub mengatakan di Pelabuhan Kali Adem tercatat ada 1.676 orang berlayar ke Pulau Seribu dan jumlah itu sangat besar, sehingga terjadi penumpukan penumpang dan tidak dilakukan jaga jarak.

“Saya sudah sampaikan ke Pak Doni (Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo) minta ditambah fasilitas rapid antigen dan petugassih. Pergerakan penumpang kapal ini harus dilakukan dengan pengelolaan lebih baik,” katanya.

Sementara di Stasiun Manggarai, Budi Karya juga kecewa karena penumpang kereta komuter dalam satu gerbong cukup padat bahkan hingga diisi lebih dari 70 orang per gerbong.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button