Nasional

Jangan Buang Sembarangan Fotokopi KTP-KK

INDOPOSCO.ID – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh, mengajak masyarakat dan berbagai instansi untuk lebih berhati-hati menjaga kerahasiaan data pribadi. Dia meminta dokumen kependudukan agar tidak difotokopi.

Pernyataan tersebut disampaikannya untuk menyikapi jagat media sosial yang kembali heboh lantaran adanya laporan masyarakat tentang berkas fotokopi KTP-el dan kartu keluarga dijadikan kertas pembungkus gorengan dan penjual angkringan.

Hal ini berawal dari cuitan akun twitter @ismailfahmi yang menampilkan fotokopi KTP-el sebagai bungkus gorengan, serta berkas fotokopi kartu keluarga menjadi bungkus makanan angkringan, Sabtu (8/5/2021).

“Maka saya mohon betul masyarakat untuk tidak mengupload dokumen kependudukan di media sosial. Kepada lembaga atau instansi yang menggunakan fotokopi dokumen kependudukan, seperti KTP-el atau Kartu Keluarga sebagai persyaratan pelayanan, agar segera dimusnahkan dengan mesin penghancur dokumen bila tidak terpakai lagi,” kata zudan dalam keterangannya, Selasa (11/5/2021).

“Jangan dibuang begitu saja, sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” sambungnya.

Zudan mengingatkan, dokumen kependudukan yang berisi data pribadi sangat riskan disalahgunakan. Untuk itu, dia meminta Dinas Dukcapil kabupaten/kota agar mempedomani Permendagri Nomor 104 Tahun 2019 tentang Pendokumentasian Dokumen Kependudukan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button