Nasional

Ramadan Momentum Perangi Covid-19

INDOPOSCO.ID – Seluruh umat muslim di dunia sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Berpuasa dimulai waktu terbit fajar (Imsak) hingga terbenamnya Matahari (Maghrib).

Umat muslim berpuasa karena menjalankan perintah Rukun Islam, yang menjadi fondasi agama Islam.

Di berbagai ceramah agama, para ustadz dan ulama selalu menjelaskan berpuasa itu merupakan ibadah untuk berperang melawan hawa napsu, haus dan lapar serta segala hal yang dapat membatalkan ibadah puasa. Selain itu, bulan suci Ramadan menjadi momentum untuk meningkatkan ibadah lainnya.

Berita Terkait

Umat muslim berlomba-lomba untuk meningkatkan amal ibadahnya saat bulan suci Ramadhan. Nah kini saatnya umat muslim di Indonesia meningkatkan manfaat bulan suci Ramadhan untuk ikut berperang melawan pandemi Covid-19 yang menyebabkan orang terjangkit sakit bahkan kematian yang besar dan meluas di seluruh penjuru dunia.

Menurut data statistik, di dunia tercatat 152 juta kasus Covid-19. Ada 3,19 juta orang meninggal akibat Covid-19 dan rata-rata per harinya 821.676 orang terjangkit virus corona jenis baru ini. Sementara di Indonesia, ada 1,67 kasus Covid-19, dan 45.652 orang mati, serta rata-rata per hari 5.155 terjangkit virus corona ini.

Pandemi ini juga sangat memukul ekonomi dunia. Ekonomi dunia hancur, jutaan usaha mati, puluhan juta orang kehilangan pekerjaan, dan angka kemiskinan naik meroket, termasuk Indonesia.

Menurut catatan ILO (organisasi PBB urusan perburuhan), pandemi Covid-19 ini telah menyebabkan 33 juta pengangguran baru di seluruh dunia sehingga jumlah pengangguran di dunia menjadi 220 juta.

Di Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan mencatat sepanjang 2020, sebanyak 386.877 pekerja terkena PHK. Angka ini 20 kali lipat dibandingkan dengan jumlah PHK pada tahun 2019. PHK massal umumnya terjadi di sektor pariwisata, transportasi dan ritel akibat kebijakan pembatasan pergerakan manusia guna mencegah penyebaran virus corona.

Akibat PHK massal, jumlah kemiskinan jadi naik. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penduduk miskin pada September 2020 sebanyak 27,55 juta jiwa atau meningkat 2,76 juta dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Itu semua dampak dari pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia dan Indonesia.

Perekonomian negara dan daerah ikut terkena dampaknya. Pendapatan keuangan negara dan daerah merosot tajam. Jika pandemi ini terus berkelanjutan maka bahaya yang akan timbulkan jauh lebih besar lagi. Rakyat banyak yang terjangkit Covid-19, ekonomi hancur luluh lantak jika kita semua tidak ikut berperan dalam menekan penyebaran virus corona.

Oleh karena itu, bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, umat Islam di Indonesia perlu memerangi pandemi Covid-19. Jika pandemi dapat diatasi, ekonomi akan bangkit, banyak lapangan kerja tercipta, dan angka kemiskinan dapat dikurangi.

Bulan Ramadan tahun ini harus dijadikan momentum untuk memerangi pandemi Covid-19 yang menjadi musuh manusia di dunia saat ini, selain berperang melawan hawa nafsu, menahan haus, dan lapar.

Rayakan kemenangan

Salah satu tradisi bulan suci Ramadan di Indonesia dan juga di banyak negara adalah mudik Lebaran. Perayaan Idul Fitri yang artinya merayakan kemenangan setelah satu bulan berpuasa. Umat muslim merayakannya dengan pulang kampung atau mudik Lebaran untuk bersilaturahim dengan orang tua, keluarga, saudara, dan teman-teman pada masa kecil.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button