Ekonomi

Menparekraf Dukung Permainan Lokal Sebagai Subsektor Ekonomi Kreatif

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berkomitmen mendukung pengembangan permainan lokal sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif.

Sandiaga berharap lebih banyak permainan lokal yang hadir dengan menunjukkan kekayaan adat dan keindahan alam tanah air sebagai unsur di dalam permainan.

“Alangkah baiknya apabila di permainan yang didevelop, lokasinya ya di situ (destinasi pariwisata super prioritas) sekaligus kita mempromosikan (pariwisata), misalnya gamenya di (Candi) Borobudur atau Danau Toba. Salah satunya adalah untuk membangkitkan pariwisata juga sisi ekonomi kreatifnya,” ucap Sandiaga Uno seperti dikutip Antara, Senin (9/8/2021).

Data Newzoo mengatakan pada periode 2016 sampai 2019 pemasukan industri game di Indonesia mengalami peningkatan signifikan. Pada 2019, Indonesia memperoleh pemasukan sebesar 1,08 miliar dolar AS dari industri game serta e-sports.

Tercatat ada 52 juta masyarakat Indonesia yang merupakan gamer. Tetapi dari jumlah atau potensi pasar yang besar tersebut, sebagian besar masih dinikmati pengembang game dari luar negeri. Karenanya Menparekraf mengajak lebih banyak pengembang untuk memperkenalkan permainan lokal. Salah satunya dapat menyertakan unsur 5 destinasi pariwisata super prioritas di dalam permainan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button