Megapolitan

Bea Cukai Bahas PEN Bersama Pemerintah Provinsi

INDOPOSCO.ID – Melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), hingga saat ini pemerintah terus berupaya mengembalikan stabilitas ekonomi yang terkendala akibat dampak pandemi Covid-19. Sinergi antar instansi pemerintah dalam mengoptimalkan penerimaan menjadi salah satu upaya perwujudan program PEN tersebut.

Kepala Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan menghadiri undangan rapat yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang dipimpin langsung oleh Gubernur Wahidin Halim, Rabu (17/11/2021). Rapat membahas upaya pemulihan ekonomi nasional yang juga turut diikuti oleh pimpinan Perwakilan Kementerian Keuangan Banten.

Terkait potensi penerimaan devisa hasil ekspor, Finari menjelaskan, kegiatan ekspor sudah mulai membaik dan berjalan normal. Finari juga memaparkan mengenai kiat Bea Cukai Soekarno-Hatta untuk terus mendukung kegiatan ekspor bagi pelaku UMKM, yang cukup potensial dalam mendorong penerimaan negara.

“Kami telah membentuk wadah komunikasi dengan berbagai Kedutaan Besar RI di negara-negara sahabat, salah satunya di Uni Emirat Arab. Kualitas kopi Indonesia menstimulus permintaan pohon kopi diekspor ke sana. Selain itu, komoditas lainnya yang cukup diminati adalah pisang merah. Apabila kita dapat membangun rantai pasokan itu, tentunya akan berdampak baik pada perekonomian Banten,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, tahun 2021 merupakan momentum untuk mengembalikan stabilitas ekonomi akibat pandemi. Ia juga menyatakan sinergi Kemenkeu Banten dan Pemerintah Provinsi Banten dalam mengelola keuangan daerah sangat diperlukan dalam menyokong program PEN yang digalakkan pemerintah.

Baca Juga: Sinergi dengan Pemda dan Pemprov, Bea Cukai Akan Bangun KIHT

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button