Megapolitan

Pemkab Kepulauan Seribu Buka Wisata Kuliner Kampung Jepang

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu membuka wisata kuliner Kampung Jepang di Pantai Sakura, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan sampai malam hari, khusus pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

“Kalau ada wisata malam, diharapkan wisatawan yang hanya datang pada Sabtu-Minggu itu tidak menumpuk. Karena mereka bisa ada yang berangkat siang, pulang hari. Ada juga yang bisa wisata malam. Itu tujuannya, selain untuk meningkatkan perekonomian warga setempat,” ujar Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Puji Hastuti, di Kepulauan Seribu, Selasa (9/11).

Dikatakan, hari Sabtu dan Minggu diseleksi karena saat itu umumnya terjadi peningkatan jumlah kunjungan ke Pulau Untung Jawa, sehingga membuka Kampung Jepang sampai malam diharapkan dapat menambah alternatif bagi calon wisatawan untuk menata waktu kunjungannya.

Menurut Puji, Pulau Untung Jawa dari bidang aksesibilitas tergolong lebih mudah dijangkau serta mempunyai biaya yang lebih murah dari kawasan pantai lain yang terdekat, misalnya di Tanjung Pasir (Tangerang).

“Itu sebabnya Untung Jawa merupakan pulau yang paling tertinggi jumlah kunjungannya, baik itu setiap Sabtu atau Minggu. Nah, untuk mengurangi penumpukan atau kerumunan-kerumunan itu dalam masa pemulihan pasca-Covid ini, perlu diatur terkait dengan kunjungan wisata,” ucap Puji, dikutip dari Antara.

Wisata malam di Kampung Jepang diperkenalkan secara resmi oleh Bupati Kepulauan Seribu Junaedi saat puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Kepulauan Seribu pada Selasa (9/11) malam.

Peresmian Kampung Jepang dilaksanakan pada malam hari untuk membuktikan bahwa kawasan wisata itu nantinya juga akan dibuka pada malam hari.

“Jadi, wisatanya ini juga tidak hanya siang hari, tapi malam pun bisa. Nanti disiapkan lampu-lampu penerangannya agar bapak/ibu bisa menikmati keindahan yang ada di Pantai Sakura,” ujar Junaedi.

Selain itu, Junaedi juga sedikit bercanda mengatakan acara malam hari adalah untuk para muda-mudi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button