Pemkot Tangerang Raih Dua Penghargaan dalam AMH 2021

INDOPOSCO.ID – Perhelatan Anugerah Media Humas (AMH) yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, tahun 2021 ini mengusung tema “Humas Pemerintah Wujudkan Indonesia Pulih, Indonesia Maju”.
Dengan tema ini, fokus penganugerahan adalah bagaimana humas pemerintah menerapkan program komunikasi publik dalam penanganan isu Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Ajang apresiasi atas hasil kerja humas pemerintah kali ini kembali menganugerahkan dua penghargaan untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, yaitu untuk Kategori Media Sosial dan Komunikasi Publik tingkat pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia. Kedua piala tersebut diterima Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Mulyani, pada puncak penganugerahan di Ball Room Hotel Merusaka, Nusa Dua Bali, Kamis (4/11/2021) malam.
“Untuk Kota Tangerang, program komunikasi publik khususnya dalam penanggulangan pandemi memang terus dilakukan secara masif dengan memaksimalkan sumber daya komunikasi yang dimiliki. Kami menggencarkan konten media sosial, media internal cetak dan elektronik dan media lainnya seperti pembuatan aplikasi untuk pelayanan informasi terkait penanganan Covid-19,” jelas Mulyani.
Baca Juga: Pemprov Banten Masuk Nominasi Anugerah Media Humas 2021
Dari empat kategori yang dilombakan tahun ini, Kota Tangerang berhasil masuk di seluruh kategori dan membawa pulang dua piala untuk tingkat Kabupaten/Kota.
“Alhamdulillah keseriusan kita dalam mengelola konten, tahun ini media sosial resmi Pemkot dapat juara kedua dan juga untuk laporan program komunikasi publik. Tapi capaian ini jangan dijadikan patokan untuk terus meningkatkan kualitas dan kreativitas. Karena komunikasi itu sangat dinamis,” ujar Mulyani.
Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate, dalam video sambutan pembukaan malam AMH. Kinerja humas harus harus responsif dan adaptif dengan perkembangan yang ada di masyarakat. Diseminasi konten harus semakin kreatif di tengah karakter dan kebutuhan masyarakat.
“Humas harus berinovasi agar konten-konten yang di-release dapat menjangkau cakupan masyarakat yang lebih luas,” ujarnya.
Ia mengajak insan humas pemerintah untuk terus memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam program kehumasan seperti halnya dalam penanggulangan Covid-19.
Sebagai informasi, AMH 2021 yang diikuti oleh ratusan praktisi humas pemerintah dari kementerian, lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perguruan inggi negeri, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia diseleksi oleh empat dewan juri yang ahli di bidangnya, seperti DR. Emilia Bassar (founder & CEO Center for Public Relations, Outreach, and Communication) untuk kategori Komunikasi Publik, Alfito Deannova (Pimred detik.com) untuk kategori Siaran Pers Media Online, Wicaksono Ndoro Kakung (Praktisi Media Sosial) untuk kategori Media Sosial dan Metta Dharmasaputra (CEO Katadata) pada kategori website. (dam)