Megapolitan

Soal Jalan Ataturk, Sekjen PBNU: Lebih Bijaksana Gunakan Nama Tokoh Betawi

INDOPOSCO.ID – Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal Zaini menanggapi soal polemik nama jalan di Menteng, Jakarta Pusat akan diganti menjadi nama tokoh bangsa Turki Mustafa Kemal Ataturk. Menurutnya, lebih bijaksana menggunakan nama para tokoh Betawi.

Ia pun menyebut, beberapa tokoh Betawi yang menginspirasi dan memiliki kontribusi bagi penyebaran Islam di Tanah Air. Antara lain, Muhammad Mansyur atau yang dikenal dengan Guru Mansur, Abdul Mughni bin Sanusi bin Ayyub bin Qays atau Guru Mughni hingga Ahmad Marzuki atau Guru Marzuki.

“Tentang rencana pemberian nama jalan protokol Jakarta dengan nama tokoh pembaharu Turki, menurut saya jauh lebih bijaksana jika menggunakan nama tokoh Betawi yang menginspirasi, seperti Guru Manshur (Jembatan Lima), Guru Mughni (Kuningan) dan Guru Marzuki (Cipinang). Setuju?” kata Helmy melalui akun Twitter resminya @helmy_faishal_z yang dikutip Kamis (21/10/2021).

Baca Juga : Kenapa Turki Usulkan Ataturk Jadi Nama Jalan Jakarta, Ini Kata Pengamat

Guru Mughni lahir sekitar tahun 1860 di Kampung Kuningan, Jakarta, dan wafat dalam usia 70 tahun, ulama Betawi itu memiliki nama lengkap Abdul Mughni bin Sanusi bin Ayyub bin Qays.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button