Megapolitan

Gunakan Sistem Polder, PIK2 Dijamin Miliki Ketahanan terhadap Banjir Tinggi

INDOPOSCO.ID – Sistem Polder atau sistem yang menggabungkan tanggul, danau dan pompa merupakan solusi penanganan banjir akibat penurunan muka tanah dan kenaikan air laut yang selalu menghantam Jakarta dan pantai utara Jawa.

Hal itu dikatakan Ketua Lembaga Riset Kebencanaan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), Heri Andreas. Menurutnya, kekhawatiran akan tenggelamnya suatu wilayah bisa dihindari dengan adanya penerapan sistem Polder.

Pasir Putih Residences
Lakeside – Pasir Putih Residences

“Secara sederhananya kita bisa mengibaratkan seperti ember. Dinding tanggul yang mengelilingi kawasan diibaratkan sebagai bibir ember dan air laut berada di luar ember,” ujarnya kepada media melalui keterangan tertulis, Rabu (20/10/2021).

Adapun cara kerja sistem Polder terbagi dua, yakni jika permukaan air laut meningkat, akan diatasi dengan dinding tanggul. Cukup meninggikan dinding tanggul, untuk melindungi kawasan. Kemudian, jika muka air di dalam kawasan yang meningkat saat air hujan turun, itu akan disalurkan ke dalam danau-danau yang ada di dalam kawasan yang selanjutnya dipompa ke laut.

Baca Juga : Pusat Olahraga Hadir di PIK2 untuk Penuhi Kebutuhan Atlet dan Masyarakat

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button