Megapolitan

Pilkades di Tengah Pandemi Covid-19, Kabupaten Tangerang Jadi Percontohan Nasional

INDOPOSCO.ID – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pertama yang digelar di tengah pandemi Covid-19 adalah Kabupaten Tangerang.

Sebanyak 77 desa di Kabupaten Tangerang melaksanakan Pilkades serentak, Minggu (10/10/2021). Pilkades tersebut berjalan lancar dan aman serta menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Pilkades di Kabupaten Tangerang ini dijadikan percontohan nasional Oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Dr. Yusharto Huntoyungo yang melakukan monitoring pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Tangerang mengatakan setelah sempat ditunda selama dua bulan, pelaksanaan pemilihan demokrasi tingkat desa tersebut akhirnya digelar. Kabupaten Tangerang merupakan percontohan terkait protokol kesehatan dari pelaksanaan Pilkades di Indonesia.

“Dan dari protokol kesehatan banyak hal yang kami catat dan mudah-mudahan ini menjadi prototipe pelaksanaan Pilkades di Indonesia, di mana saat ini begitu banyak varian virus corona,” ujarnya di tempat pemungutan suara (TPS) 04, Desa Bojong Kamal, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Minggu (10/10/2021).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang sudah melakukan persiapan yang lebih matang bisa menyelenggarakan Pilkades serentak tanggal 10 Oktober 2021. Pengamatan dan laporan yang disampaikan ada kesesuaian antara laporan yang disampaikan dengan implementasi di lapangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button