Megapolitan

Warga Sekolah yang Terpapar Covid-19 di Kota Tangerang Bertambah Jadi 69 Orang

INDOPOSCO.ID – Jumlah warga sekolah (siswa, pegawai dan guru) yang teridentifikasi positif Covid-19 di wilayah Kota Tangerang bertambah menjadi 69 orang.

Berdasarkan hasil screening atau swab Polymerase Chain Reaction (PCR) pertama di sekolah-sekolah yang menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, ditemukan 27 orang warga sekolah yang positif Covid-19. Mereka tersebar di 15 sekolah SMP baik negeri maupun swasta.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menggelar screening atau swab PCR di 53 sekolah SMP yang menyelenggarakan PTM tahap satu dan dua. Hasilnya, dari 2.683 sampel, ditemukan 42 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 dari 20 sekolah.

“Totalnya ada 69 warga sekolah terkonfirmasi positif dari 35 sekolah. Di antaranya dua guru, satu petugas Tata Usaha (TU) dan 66 siswa. Semua ditemukan dalam kondisi tidak bergejala, dengan rata-rata cycle threshold (CT) value di atas 35, artinya potensi pelurannya sangat rendah,” ujar Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, Kamis (7/10/21).

Ia menjelaskan, dari hasil temuan Dinkes Kota Tangerang, kasus konfirmasi positif ini dipastikan bukan klaster PTM terbatas. Pasalnya, yang ditemukan hanya satu kasus dalam satu kelas atau satu kasus dalam satu sekolah.

“Bahkan, hasil tracing kontak erat hingga 2 Oktober hanya ditemukan lima kasus. Tiga merupakan kontak erat keluarga dan dua kontak erat sekolah. Namun, itu semua dari alur tracing atau kontak erat yang berbeda-beda, tidak dalam satu jaringan kontak erat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dini mengatakan, ini menjadi gambaran nyata, bahwa Kota Tangerang masih bisa menjalankan PTM terbatas dengan kondisi aman, dengan selalu menjaga protokol kesehatan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button