Megapolitan

Program Sekolah Pemerintahan Desa Ala Kabupaten Bogor

INDOPOSCO.ID – Bupati Bogor Ade Yasin meluncurkan Program Sekolah Pemerintahan Desa dengan menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) University, untuk meningkatkan pengetahuan aparatur desa tentang tata kelola pemerintahan di era digital.

“Ini adalah sekolah pertama dan satu-satunya tentang pemerintahan desa di Indonesia. Kemudian, Sekolah Pemerintahan Desa Kabupaten Bogor 2021 menjadi pelopor sebagai peserta angkatan pertama di Indonesia,” katanya saat peluncuran di Auditorium Sekretariat Daerah, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (13/9/2021).

Menurutnya, pada program yang akan berlangsung hingga Desember 2021 itu para aparatur desa akan didampingi oleh tenaga pengajar dari IPB University.

“Selain prestisius, program sekolah pemerintahan desa diharapkan akan membawa perubahan besar menuju tata kelola pemerintahan desa di era digital yang jauh lebih maju dan lebih baik,” ujarnya.

Ade Yasin menyebutkan permasalahan pembangunan di desa selama ini masih banyak terkendala, seperti terbatasnya pengetahuan aparatur desa mengenai teknologi dan pengolahan informasi.

Aparatur desa pada umumnya masih mengolah data dan perencanaan secara manual dan atas dasar perkiraan, bukan berdasarkan data yang akurat dan presisi. Hal itu menurut Ade Yasin membuat banyak program pembangunan desa menjadi tidak tepat sasaran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button