Megapolitan

Ada Pusat Daur Ulang Sampah di Muara Gembong Bekasi

INDOPOSCO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan( KKP) telah menyerahkan bantuan sarana dan prasarana Tempat Penampungan Sementara atau Pusat Daur Ulang (TPS/PDU) sampah kepada warga di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar).

“Penyaluran bantuan pada TPS/ PDU ini dilakukan sebagai bentuk aksi terhadap penanganan dan pengelolaan sampah, agar sampah- sampah yang dihasilkan di wilayah pesisir dan pulau- pulau kecil dapat segera ditangani, sebagai bentuk manajemen/ pengelolaan sampah plastik dari sumbernya,” kata Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Pamuji Lestari di Jakarta, Minggu (12/9/2021).

Bantuan diserahkan kepada Kelompok Bank Sampah Koperasi Produsen Rumah Kreatif Bersama Muara Gembong, antara lain berupa motor angkut sampah, mesin pres sampah, tempat sampah luar ruangan, serta bangunan semipermanen sebagai rumah pelindung alat sekaligus tempat produksi.

Pamuji Lestari mengungkapkan saat ini wilayah pesisir dan laut Indonesia sangat rentan terhadap berbagai ancaman pencemaran, baik yang berasal dari aktivitas manusia, industri, perhubungan laut, dumping, maupun aktivitas lainnya.

Selain itu, kata dia, Indonesia dianggap sebagai penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Sedangkan sampah yang masuk ke laut sekitar 80 persen berasal dari daratan.

“Kebocoran sampah dari daratan yang masuk ke laut berdampak pada sektor ekonomi dan pariwisata, kehidupan biota laut dan ekosistem pesisir serta kesehatan manusia,” katanya melalui keterangan tertulis dikutip Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button