Megapolitan

Bea Cukai Soetta Ungkap Penyelundupan 10 Kg Sabu di Bola Batu

INDOPOSCO.ID – Sinergi antara Bea Cukai Soekarno-Hatta, Direktorat Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai, dan Bareskrim Polri berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 10 kilogram narkotika golongan I jenis methamphetamine dari Kongo, Afrika Tengah. Adapun modus yang digunakan yaitu disembunyikan di dalam bola batu berwarna hijau.

Melalui konferensi pers yang digelar di Aula Gedung B Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta pada Kamis (19/08), Finari Manan selaku Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta mengungkap bahwa mekanisme pemasukan barang terlarang tersebut melalui barang kiriman pada Jumat (23/07). Sebanyak dua kemasan barang kiriman diberitahukan sebagai batu malasit yang sudah dipoles atau polished malaschite.

Berdasarkan informasi intelijen yang diterima, serta kecurigaan yang kuat oleh petugas Bea Cukai, atas kedua barang kiriman dilakukan pemeriksaan fisik. Hasilnya, petugas menemukan 18 buah patung binatang berukuran kecil dan 40 buah bola batu yang di dalamnya terdapat bungkusan plastik kuning berisikan serbuk kristal bening. Adapun total berat bruto serbuk kristal tersebut adalah 10.456 gram.

“Tim kami selanjutnya melalukan identifikasi barang menggunakan alat uji narkotika dan dari hasil pengujian, disimpulkan bahwa kristal bening tersebut positif narkotika golongan I jenis methamphetamine atau biasa dikenal dengan sebutan sabu,” jelas Finari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button