Megapolitan

OSS Diharapkan Perbaiki Iklim Investasi di Kabupaten Bogor

INDOPOSCO.ID – Wakil Bupati (Wabup) Bogor Iwan Setiawan mengharapkan kehadiran layanan daring penerbitan izin usaha (online single submission/OSS) berbasis risiko yang baru diluncurkan Presiden Joko Widodo dapat memperbaiki iklim investasi di Bogor, Jawa Barat.

“Sistem ini akan mempermudah kerja kita, agar iklim usaha dan investasi semakin membaik di tengah situasi pandemi yang saat ini masih melanda Indonesia,” ungkapnya di Cibinong, Bogor, Selasa (10/8).

Menurut dia, layanan penerbitan izin secara terpusat ini bukan hanya memberi kemudahan bagi masyarakat, melainkan juga kemudahan bagi pegawai perizinan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Mengacu pada kemudahan perizinan di pusat melalui aplikasi OSS, saya harap kita juga di Kabupaten Bogor segala perizinan harus dipermudah dan cepat,” kata Iwan, dikutip dari Antara.

Berbagai perizinan dapat dilayani melalui OSS, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) hingga surat tanah yang dapat dijadikan sebagai jaminan untuk permodalan. Sistem OSS itu diharapkan juga memudahkan pengusaha mikro hingga besar dalam mengurus perizinan.

OSS berbasis risiko ini merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah (PP) 5/2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, aturan turunan dari pelaksanaan Undang-Undang (UU) 11/2020.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button