Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik di Masa Pandemi

INDOPOSCO.ID – Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta melakukan edukasi ke setiap Badan Publik DKI Jakarta. Untuk menjawab problematika serta sharing pengelolaan informasi publik disetiap Badan Publik.
Pertama kali yang dikunjungi KI DKI diantaranya BUMD Pembangunan Sarana Jaya dengan menyesuaikan pandemi dilaksanakan secara online pada, Jumat (23/7/2021).
Pembangunan Sarana Jaya optimalisasi peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Internal.
”Sosialisasi serta edukasi sangat kami butuhkan terutama, semua unit pengelola agar lebih paham informasi di setiap divisinya,” kata perwakilan sekretaris perusahaan Sarana Jaya, Nia, Sabtu (24/7/2021).
Sinergi dalam mengoptimalkan Keterbukaan Informasi Publik sebagai modal Jakarta Informatif, merupakan harapan KI DKI Jakarta. “Bagaimana meningkatkan profesionalisme pengelolaan informasi publik serta cara membuat laporan PPID,” ujar Nia.
Seluruh Badan Publik DKI Jakarta perlu menyatukan mindshet dan gerak yang sama menuju Jakarta Informatif 2021. Terlebih, era pandemi Masyarakat sangat antusias dengan informasi yang cepat.
Kewajiban menyajikan informasi publik secara berkualitas dengan dan tanpa adanya permohonan informasi, melalui website maupun offline sehingga timbul kepercayaan yang kuat.
Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi (ASE) Komisi Informasi DKI Jakarta Aang Mudi Gozali mengatakan, Sarana Jaya sudah memiliki legalitas SK PPID namun perlu diperbarui.
“Pembuatan laporan PPID juga menjadi kewajiban Sarana Jaya memberikan secara periodik ke Komisi Informasi, tentang gambaran umum sarana prasarana, sumber daya manusia juga anggaran dalam pelayanan informasi,” tuturnya.
“Kita terus berupaya memfasilitasi Badan Publik dengan berkolaborasi dalam hal ini BUMD, membangun Kota Jakarta sebagai tanggung jawab bersama,” tambah Aang.
Diskusi online itu dihadiri puluhan peserta selaku pelaksana operasional Sarana Jaya, ” Kami sangat berharap dari Komisi Informasi DKI Jakarta dapat melakukan sinergi kedepan melalui pendampingan bisa terus berlanjut bagi PPID yang lebih baik,“ ujaf Tika Selaku Sekretaris Perusahaan Sarana Jaya. (dan)