Internasional

Jepang Janji Upayakan Kesatuan Suara Dewan Keamanan PBB Atas Isu Korut

INDOPOSCO.ID – Duta Besar Jepang untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kimihiro Ishikane menjanjikan upaya terbaik agar Dewan Keamanan PBB dapat mencapai konsensus atas program senjata dan isu-isu kontroversial lainnya terkait Korea Utara.

Janji itu disampaikan oleh Ishikane sebagai ketua bergilir Dewan Keamanan bulan ini. “Apa yang ingin saya lakukan adalah mengupayakan Dewan Keamanan mencapai suara yang bulat dan bersatu sehingga suara itu dapat berdampak terhadap Korea Utara. Dewan Keamanan PBB belum berhasil menyampaikan pesan dalam satu suara tentang Korea Utara, semuanya tidak berjalan dengan baik,” ujar Kimihiro Ishikane seperti dikutip dari Antara, Rabu (4/1/2023).

Korea Utara meluncurkan rudal balistik dengan rekor 37 kali pada tahun lalu. Tindakan Korut itu bertentangan dengan resolusi-resolusi Dewan Keamanan yang sudah ada sejak lama.

Baca Juga : PBB Sebut Lebih dari 7 Juta Pengungsi Ukraina Tiba di Negara-Negara Eropa

Pada Tahun Baru 2023 saja, Pyongyang sudah menembakkan rudal balistiknya yang pertama. Dewan Keamanan PBB selama ini gagal mencapai kesepakatan tentang sanksi tambahan terhadap Korea Utara terutama akibat keengganan Rusia dan China, dua anggota tetap Dewan Keamanan yang memiliki hak veto.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button