Internasional

Pasca Kematian Amini, Iran Berjanji Lindungi Semua Warganya

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Republik Islam Iran menegaskan mereka akan melindungi hak-hak semua warganya, termasuk mencari tahu penyebab kematian Mahsa Amini, yang meninggal usai ditahan polisi moral atas pelanggaran aturan hijab.

“Republik Islam Iran sekali lagi menegaskan untuk melindungi hak-hak dari semua warganya. Kami akan serius mengejar insiden kematian Mahsa Amini hingga penyebab kematiannya ditemukan,” demikian keterangan pers Kedutaan Besar Republik Islam Iran seperti dikutip Antara, Jumat (30/9/2022).

Iran disebutkan tak akan membiarkan hak-hak Amini dan keluarga yang ditinggalkan dilanggar jika ada yang dinyatakan bersalah karena kelalaian atau kesalahan. Setelah meninggalnya Amini, beberapa tim investigasi dan pencari fakta khusus dibentuk oleh Pemerintah Iran untuk mengklarifikasi semua aspek insiden dan menemukan kebenaran.

Baca Juga : Kematian Perempuan di Tahanan Polisi karena Lepas Hijab Picu Kemarahan Publik Iran

Tim investigasi disebutkan telah mulai bekerja menghasilkan penyelidikan atas insiden kematian Amini, termasuk melakukan penelitian lapangan dan eksperimen ilmiah, meninjau catatan medis, memintai keterangan orang-orang dan pihak-pihak yang relevan serta meninjau rekaman CCTV.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button