Internasional

Menlu RI dan Menkes Ethiopia Bahas Vaksinasi Global Covid

INDOPOSCO.ID – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Kesehatan Ethiopia Lia Tadesse Gebremedhin membahas perkembangan vaksinasi global Covid-19.

“Indonesia tetap berkomitmen memperjuangkan distribusi dan akses yang adil untuk produk penanggulangan Covid-19,” kata Retno dalam pertemuan dengan Menkes Ethiopia di sela-sela High Level Week Sidang Majelis Umum ke-77 PBB di New York, demikian menurut keterangan Kementerian Luar Negeri pada Senin.

Pada kesempatan itu, Retno menyampaikan bahwa di masa depan, program kerja sama Akses Global Vaksin Covid-19 (COVAX) dapat memainkan perannya untuk memperkuat kapasitas negara berkembang dan arsitektur kesehatan global.

“COVAX dapat membantu persiapan yang lebih baik untuk menghadapi potensi pandemi lainnya karena mandat kerja COVAX akan diperpanjang hingga 2023,” ujar Retno seperti dikutip Antara, Senin (26/9/2022).

Dia menambahkan bahwa sebagai forum kerja sama multilateral, COVAX telah membuktikan bahwa multilateralisme bekerja secara efektif.

Hingga kini, sedikitnya 1,84 miliar dosis vaksin Covid-19 telah dikirim oleh COVAX melalui jalur multilateral.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button