Internasional

Ukraina Kutuk Penangkapan Tokoh Muslim Krimea Oleh Rusia

INDOPOSCO.ID – Ukraina kecam penangkapan dan penahanan tokoh Muslim yang juga Wakil Ketua Dewan Majelis Tatar Krimea, Nariman Dzhelyalov oleh Rusia.

“Kami mengutuk tindakan seperti itu dari Federasi Rusia dan mengingatkan bahwa di bawah Konvensi Jenewa, Rusia sebagai kekuatan pendudukan bertanggung jawab menyediakan kondisi kehidupan yang sesuai di wilayah itu (Krimea), di mana mereka telah melakukan kontrol yang efektif,” kata Kementerian Luar Negeri Ukraina dalam keterangannya seperti dikutip Antara, Rabu (7/9/2022).

Krimea adalah wilayah Ukraina yang dicaplok Rusia pada 2014. Pada 4 September 2021, Dzhelyalov dan empat warga Krimea lainnya ditahan oleh otoritas pendudukan Rusia atas tuduhan terlibat pengrusakan pipa gas di Desa Perevalnoye, di jalan raya dari Simferopol menuju Yalta.

Kemlu Ukraina menilai penahanan Dzhelyalov dan dakwaan yang dijatuhkan kepadanya sebagai upaya balas dendam Rusia atas partisipasi sang tokoh dalam KTT Pelantikan Platform Krimea Internasional pada 23 Agustus 2021, serta upaya lain untuk mematahkan semangat perlawanan terhadap pendudukan di wilayah Semenanjung Krimea.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button