Internasional

Rusia Siap untuk Negosiasi Damai dengan Ukraina

INDOPOS.CO.ID – Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia siap untuk terlibat dalam negosiasi damai dengan Ukraina.

Ia mengingatkan bahwa mereka yang menolak prospek tersebut harus menyadari bahwa memperpanjang konflik yang sedang berlangsung hanya akan membuat pembicaraan seperti itu lebih sulit.

“Kami tidak menolak untuk merundingkan perdamaian, tetapi mereka yang menolak harus tahu bahwa semakin lama mereka melakukannya, semakin sulit untuk bernegosiasi,” kata Putin, seperti dikutip rt.com, Jumat (8/7/2022).

Putin mengeluarkan peringatan kepada mereka yang mungkin berpikir Rusia telah kehabisan kemampuannya di tengah perang dan konflik.

Baca Juga: Usai Rebut Luhansk, Pasukan Rusia Incar Wilayah Donetsk

Putin juga mengatakan bahwa Barat tampaknya benar-benar bersedia untuk berjuang sampai Ukraina terakhir. Menurutnya ini merupakan tragedi bagi rakyat Ukraina.

Presiden Putin menyalahkan konflik yang sedang berlangsung pada NATO yang dipimpin AS. Ia menekankan bahwa upaya konsisten Rusia untuk menciptakan sistem keamanan internasional yang adil telah terancam.

“Inisiatif untuk bekerja sama dalam pertahanan rudal telah ditolak, peringatan tentang tidak dapat diterimanya ekspansi NATO, terutama dengan mengorbankan bekas republik Soviet, telah diabaikan,” kata Putin.

Putin mengakui jika tujuan Barat adalah untuk memprovokasi konflik antara Rusia dan Ukraina, itu terbukti berhasil, Pada tingkat strategis, bagaimanapun, Barat sudah kalah ketika Moskow meluncurkan operasi militernya di Ukraina.

“Kerusakan yang sedang berlangsung tidak dapat dihentikan,” tutupnya. (dam)

Sponsored Content
Back to top button