Internasional

Jerman Tak Akan Akui Taliban Jika …

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Jerman menegaskan tidak akan mengakui Taliban sebagai penguasa sah Afghanistan selama kondisi “mengerikan” di bawah kelompok itu tetap ada, kata Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock.

“Ketika kami melihat ke seberang perbatasan, situasinya mengerikan,” kata Baerbock dalam konferensi pers di Ibu Kota Islamabad, Pakistan, Selasa (7/6).

Tidak ada pemerintah asing yang secara resmi mengakui Taliban sejak mereka mengambil alih Afghanistan pada Agustus lalu, ketika pasukan asing yang didukung Amerika Serikat mundur setelah perang selama dua dekade.

Baerbock memperingatkan krisis kemanusiaan dan ekonomi membayangi di negara di mana anak-anak perempuan kehilangan pendidikan, perempuan dikecualikan dari kehidupan publik, dan suara-suara yang berbeda dibungkam.

“Selama mereka menempuh jalan ini, tidak ada ruang untuk normalisasi dan apalagi pengakuan terhadap Taliban sebagai penguasa sah negara itu. Pada saat yang sama kami tidak akan meninggalkan rakyat Afghanistan,” kata Baerbock, yang menambahkan bahwa Jerman akan mengirim bantuan kemanusiaan.

Baca Juga: Pasukan Jerman Tiba di Lithuania di Tengah Krisis Ukraina-Rusia

Pejabat Taliban menyangkal tuduhan pelanggaran HAM dan mengatakan mereka sedang berupaya menciptakan kondisi di mana mereka akan membuka sekolah menengah untuk anak perempuan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button