Internasional

Angkatan Laut AS Transit Selat Taiwan setelah China Latihan Militer

INDOPOSCO.ID – Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) berlayar melalui Selat Taiwan yang sensitif pada Selasa (10/5), tak lama setelah China melakukan latihan perang di dekat pulau itu dan untuk kedua kalinya dalam dua minggu militer AS itu transit di rute air tersebut.

Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan kapal penjelajah berpeluru kendali USS Port Royal melakukan transit rutin di Selat Taiwan melalui perairan internasional “sesuai dengan hukum internasional”.

“Kapal itu transit melalui koridor di Selat yang berada di luar laut teritorial negara kawasan pantai mana pun,” katanya dalam sebuah pernyataan, Rabu (11/5/2022), seperti dilansir Antara.

“Transit Port Royal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional.”

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapal AS berlayar ke utara melalui selat itu, dan situasi di jalur air itu “normal seperti biasa”.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button