Internasional

Sekjen PBB Kutuk Serangan Udara Koalisi Pimpinan Saudi di Yaman

INDOPOSCO.ID – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengutuk serangan udara oleh koalisi pimpinan Saudi di Yaman pada Jumat (22/1/2022) yang menewaskan sedikitnya 60 orang di sebuah pusat penahanan di provinsi Saada yang dikuasai Houthi.

Seorang saksi mata mengatakan beberapa orang, termasuk migran Afrika, tewas dalam serangan itu. Juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, mengatakan serangan udara mematikan di wilayah Yaman lainnya juga menewaskan anak-anak.

Serangan udara terhadap fasilitas telekomunikasi di Hodeidah juga sangat mengganggu layanan internet vital di sebagian besar negara,” kata Dujarric dalam pernyataan. “Sekretaris Jenderal menyerukan penyelidikan yang cepat, efektif dan transparan atas insiden-insiden ini untuk memastikan akuntabilitas.” seperti dikutip Antara, Sabtu (22/1/2022).

Save the Children mengatakan bahwa tiga anak dilaporkan tewas di kota barat Hodeidah.

Baca Juga: Taliban Minta Dunia Mengakui Pemerintahan Mereka di Afghanistan

Koalisi militer yang dipimpin Saudi telah memerangi kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman sejak 2015. Koalisi mengatakan laporan puluhan kematian pada Jumat (22/1/2022) akan diselidiki “menggunakan proses independen yang disetujui secara internasional.”

Dalam konferensi pers pekan lalu, Guterres mengatakan :”Eskalasi ini harus dihentikan.”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button