Internasional

Afrika Berlomba Dapatkan Pil Covid-19 Pfizer

INDOPOSCO.ID – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Afrika sedang melakukan pembicaraan dengan Pfizer untuk mengamankan pasokan pil antivirus Covid-19, yang dianggap penting dalam upaya memerangi virus corona.

Obat bernama Paxlovid itu hampir 90 persen efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian, dan data menunjukkan bahwa obat itu juga efektif untuk melawan varian Omicron, kata Pfizer.

“Kami sedang berdiskusi sangat dekat dengan Pfizer untuk melihat apa yang dapat dilakukan untuk membuat obat itu tersedia dan dapat diakses di benua ini, yaitu obat Paxlovid,” kata Direktur CDC Afrika John Nkengasong dalam pengarahan media secara daring, Kamis (13/1/2022), seperti dikutip Antara.

Pemerintah di seluruh dunia berlomba untuk membeli Paxlovid, sementara obat Molnupiravir yang diproduksi Merck menghadapi kemunduran setelah data uji coba yang mengecewakan.

Baca Juga: Malaysia Tetapkan Standar Harga Vaksin Berbayar

Meski vaksin telah menjadi senjata utama melawan Covid-19, ada harapan bahwa pil eksperimental Merck dan Pfizer dapat menjadi kunci dalam mengurangi kemungkinan kematian atau rawat inap bagi mereka yang paling berisiko mengidap penyakit parah. Kedua obat itu dapat diminum di rumah, selain di rumah sakit atau fasilitas medis.

Nkengasong mengatakan memperoleh pasokan obatobatan Covid-19 adalah salah satu dari tiga strategi utama untuk memerangi pandemi di Afrika pada 2022, selain vaksinasi dan pengujian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button