Internasional

Afghanistan Hadapi Kelaparan, Kemiskinan di Bawah Taliban

INDOPOSCO.ID – Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan Afghanistan tidak memiliki cukup makanan bagi warganya dan ekonomi yang gagal bisa membuat situasi di negara itu semakin buruk di bawah pemerintahan Taliban tahun depan.

Survei WFP menunjukkan sekitar 98 persen warga Afghanistan tidak cukup makan. Tujuh dari 10 keluarga terpaksa meminjam makanan, yang mendorong mereka lebih jauh ke dalam kemiskinan.

“Krisis ekonomi yang meningkat, konflik, dan kekeringan berarti rata-rata keluarga sekarang hampir tidak bisa mengatasinya. Kita harus melakukan banyak hal untuk menghentikan krisis ini menjadi bencana,” kata juru bicara WFP Tomson Phiri seperti dikutip Antara, Selasa (14/12/2021).

Penarikan tiba-tiba bantuan asing setelah kemenangan Taliban pada Agustus telah membuat ekonomi Afghanistan yang rapuh berada di ambang kehancuran. Harga makanan, bahan bakar, dan bahan pokok lainnya naik pesat di luar jangkauan banyak orang.

Sejauh ini, WFP telah memberikan bantuan makanan kepada 15 juta warga Afghanistan selama 2021 dan kepada tujuh juta warga setempat pada November saja.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button