Internasional

Jumlah Wartawan Yang Dipenjara Sepanjang 2021 Capai Rekor

INDOPOSCO.ID – Jumlah wartawan di seluruh dunia yang berada di balik jeruji besi sepanjang 2021 mencapai rekor. Demikian dilaporkan Komite untuk Perlindungan Jurnalis (CPJ). Organisasi nirlaba itu mengatakan bahwa pada 1 Desember tahun ini sebanyak 293 wartawan ditangkap.

Sedikitnya 24 wartawan tewas selagi melakukan liputan dan 18 lainnya tewas dengan kondisi yang penuh misteri sehubungan dengan profesi mereka, kata CPJ pada Kamis dalam survey tahunan mengenai kebebasan pers dan serangan terhadap media.

CPJ mengatakan meski alasan penjeblosan ke penjara di setiap negara berbeda-beda, rekor jumlah tersebut mencerminkan pergolakan politik di seluruh dunia dan menjamurnya intoleransi terhadap pelaporan independen.

Berita Terkait

“Ini tahun keenam berturut-turut CPJ mendokumentasikan rekor jumlah wartawan yang dibui di seluruh dunia,” kata Direktur Eksekutif CPJ Joel Simon seperti dikutip Antara, Kamis (9/12/2021).

Wartawan yang tewas sepanjang 2021 mencakup nama Danish Siddiqui, fotografer Reuters yang tewas dalam serangan Taliban di Afghanistan pada Juli dan Gustavo Sanchez Cabrera yang ditembak dan tewas di Meksiko pada Juni.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button