Internasional

WHO: Negara Miskin Akan Diberi Lisensi Teknologi Tes Antibodi Gratis

INDOPOSCO.ID – Lisensi global untuk teknologi serologis yang mengetahui antibodi Covid-19 akan diserahkan dengan bebas royalti kepada negara-negara miskin dan berpenghasilan menengah di bawah perjanjian semacam yang pertama.

Upaya itu bermaksud untuk meningkatkan produksi alat uji antibodi Covid-19, begitu menurut keterangan Organisasi Kesehatan Dunia pada Selasa (23/11/2021).

Empat tes yang ada, yang mengecek keberadaan antibodi SARS-CoV-2 yang dikembangkan setelah infeksi atau dosis vaksin, juga dapat menginformasikan keputusan tentang perlunya vaksin penguat untuk melindungi terhadap penyakit tersebut, tutur badan itu dalam sebuah pernyataan.

Perjanjian lisensi noneksklusif itu, yang dicapai dengan Dewan Riset Nasional Spanyol (CSIC), sebuah lembaga penelitian publik yang menawarkan teknologi sebagai barang publik global, adalah lisensi uji pertama yang ditandatangani oleh Kelompok Paten Obat-obatan WHO (MPP).

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Indonesia Lampaui Standar WHO

“Tujuan dari lisensi ini adalah untuk memfasilitasi pembuatan dan komersialisasi tes serologis COVID-19 CSIC secara cepat di seluruh dunia,” ungkap WHO.

“Lisensi akan bebas royalti untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah dan akan tetap berlaku sampai tanggal paten terakhir berakhir,” ujarnya.

Tes ini mudah digunakan dan cocok bahkan untuk kondisi di pedesaan dengan infrastruktur laboratorium dasar, tambahnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button