Internasional

Taliban Segera Izinkan Anak Perempuan Kembali Ke Sekolah

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Taliban mengatakan akan segera mengumumkan kabar baik tentang kembalinya anak-anak perempuan ke sekolah, namun menekan masyarakat internasional untuk membiayai proses tersebut karena sebagian besar bantuan eksternal telah dihentikan.

“Insya Allah kami akan memiliki pengumuman yang baik untuk seluruh negeri, seluruh bangsa,” ujar Waheedullah Hashimi, penjabat direktur program dan bantuan eksternal di kementerian pendidikan dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Hashimi mengatakan Taliban berkomitmen untuk mendidik anak perempuan dan sedang mencari cara untuk mengembalikan mereka ke sekolah.

Ia mengatakan tidak ada guru perempuan yang diberhentikan dan itu adalah pesan positif kepada dunia bahwa Taliban sedang melakukan sebuah mekanisme.

Baca Juga: Pemimpin Tertinggi Taliban Muncul ke Publik Setelah Diisukan Meninggal

“Kami tidak berupaya menghapus mereka dari sekolah dan universitas kami,” ujar dia.

Namun, Hashimi juga mengatakan bahwa pendidikan, seperti bidang pemerintahan lainnya, telah terpukul keras oleh penghentian dana dukungan asing setelah runtuhnya pemerintah yang didukung Barat pada Agustus.

Ia meminta pemberian bantuan dipulihkan.

“Jika mereka benar-benar ingin melihat anak perempuan di sekolah, mereka harus membantu kami sekarang,” ujar Hashimi.

Sementara pengeluaran pendidikan telah bertambah perlahan di bawah pemerintahan terakhir Afghanistan, sebuah laporan UNESCO mengatakan bantuan eksternal mewakili hampir separuh dari anggaran pendidikan pada tahun 2020.

Tidak hanya masalah pendidikan anak perempuan, Hashimi mengatakan kementerian sedang melakukan kurikulum baru untuk sekolah agar sejalan dengan prinsip-prinsip Islam, budaya lokal, dan standar internasional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button