Internasional

Parlemen AS Prihatin Dengan Rencana Penjualan F-16 ke Turki

INDOPOSCO.ID – Sejumlah anggota parlemen Amerika Serikat dari partai Demokrat dan Republik mendesak pemerintahan Presiden Joe Biden untuk tidak menjual jet tempur F-16 ke Turki. Mereka juga mengungkapkan keyakinannya bahwa Kongres AS akan memblokir penjualan jet tempur itu kepada Turki.

Dalam sebuah surat kepada Biden dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, 11 anggota parlemen AS menyampaikan” keprihatinan yang mendalam” tentang laporan baru-baru ini bahwa Turki dapat membeli 40 jet tempur F-16 baru dan 80 peralatan modernisasi F-16. Demikian surat tertanggal 25 Oktober yang dikutip Antara dari Reuters, Rabu (27/10/2021).

“Menyusul pengumuman Presiden (Tayyip) Erdogan pada September bahwa Turki akan membeli tambahan sistem pertahanan rudal S-400 Rusia, kami tidak dapat mengkompromikan keamanan nasional kami dengan mengirimkan pesawat buatan AS kepada sekutu yang terus bertingkah seperti musuh,” tulis para anggota parlemen AS.

Pembuatan surat itu dipimpin oleh anggota parlemen dari partai Republik Nicole Malliotakis dan dari partai Demokrat Carolyn Maloney.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button