Internasional

Utusan AS untuk Afganistan Mundur

INDOPOSCO.IDUtusan utama Amerika Serikat untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad mundur. Pengunduran diri utusan tersebut terjadi kurang dari dua bulan setelah AS menarik seluruh pasukannya dari Afghanistan dan Taliban mengambil alih kekuasaan.

Khalilzad akan digantikan oleh wakilnya, Tom West. Demikian diungkapkan Menteri Luar Negeri Antony Blinken. Blinken menyebutkan bahwa West akan bekerja sama dengan kedubes AS, yang kini berada di Doha, Qatar, terkait kepentingan AS di Afghanistan. Sumber rahasia mengungkapkan bahwa Khalilzad mengajukan pengunduran diri pada Jumat, demikian dikutip Antara, Selasa (19/10/2021).

Kepergian Khalilzad terjadi setelah ia tidak dilibatkan dalam pembicaraan resmi pertama antara pemerintah Biden dengan Taliban pascapenarikan pasukan AS. Pembicaraan itu digelar di Doha pada awal Oktober. Khalilzad sendiri belum menanggapi mengenai hal ini saat dikonfirmasi.

Pria kelahiran Afghanistan itu menjabat sebagai utusan AS sejak 2018 dan memelopori perundingan dengan Taliban. Perundingan itu sendiri mengarah pada kesepakatan 2020 tentang penarikan pasukan AS tahun ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button