Internasional

Lithuania akan Pasang Pagar Berduri di Perbatasan dengan Belarus

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Lithuania pada Senin (13/9) menjelaskan pekerjaan tahap pertama untuk membuat pagar di sepanjang perbatasan dengan Belarus akan dimulai pada September dan harus diselesaikan pada April 2022.

Pemagaran di wilayah perbatasan Lithuania dengan Belarus, berupa bentangan sejauh 110 km yang di atasnya diberi kawat berduri, bertujuan untuk mencegah masuknya pendatang ataupun imigran.

Lebih dari 4.100 imigran, sebagian besar dari Timur Tengah serta Asia, telah memasuki Lithuania pada 2021, telah memicu perselisihan antara Uni Eropa dan Belarus.

Uni Eropa menuduh Presiden Belarus Alexander Lukashenko menerbangkan serta mengirim mereka melewati perbatasan sebagai pembalasan atas sanksi yang dijatuhkan pada pemerintah Minsk menyusul tindakan keras terhadap oposisi politik.

Pemerintah Lithuania menjelaskan telah menyerahkan pekerjaan pembangunan bagian pertama pagar perbatasan kepada perusahaan jaringan listrik serta gas milik negara EPSO-G, dengan biaya 36 juta euro (Rp606, 2 miliar).

Pagar perbatasan itu akan dipasangi kawat berduri di atasnya dengan ketinggian mencapai 4 meter, tutur juru bicara EPSO-G.

Enam lilitan kawat duri tambahan akan diatur dalam bentuk piramida serta ditempatkan di antara perbatasan dan pagar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button