Internasional

Uni Eropa Keluarkan AS dari Daftar Negara Aman untuk Bepergian

INDOPOSCO.ID – Pemerintah negara anggota Uni Eropa pada Senin (30/8) sepakat untuk menghapus Amerika Serikat dari daftar EU untuk negara yang aman dari Covid-19 untuk perjalanan.

Hal itu berarti para pengunjung dari AS serta mereka yang berasal dari 5 negara lain kemungkinan akan menghadapi kontrol yang lebih ketat, seperti tes Covid-19 serta karantina.

Israel, Kosovo, Lebanon, Montenegro, serta Makedonia Utara juga telah dihapus dari daftar EU untuk negara yang aman untuk ekspedisi, Selasa (31/8).

Daftar itu berupaya menyatukan ketentuan perjalanan di seluruh blok Eropa itu walaupun tidak mengikat masing- masing negara Uni Eropa. Setiap negara anggota EU bebas menentukan kebijakan perbatasan masing- masing.

Sudah beberapa negara Uni Eropa, seperti Jerman serta Belgia, mengkategorikan Amerika Serikat sebagai zona merah, sehingga para pendatang dari AS perlu menjalani tes serta karantina. Sedangkan untuk Prancis serta Belanda, Amerika Serikat masih tergolong negara aman.

Daftar itu sebagian besar disusun berdasarkan situasi Covid-19 di setiap negara, serta dengan faktor timbal balik.

Pada umumnya kasus harian Covid-19 di AS telah meningkat jadi lebih dari 450 per satu juta orang dalam sepekan sampai 28 Agustus, berdasarkan penghitungan Our World in Data.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button